Jumat, 19 November 2010

Tentang Sumo

Anda pasti tahu tentang sumo. Sumo sangat identik dengan atlitnya yang gemuk dan memiliki jari-jari yang begitu besar. Olahraga sumo bisa didefinisikan olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran.

Sumo adalah olahraga dari jepang yang telah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Menurut  Nihon Shoki, buku sejarah tertua di Jepang, pada tahun 642 seorang bangsawan bernama  Hakusai mengatur  festival  sumo untuk merayakan pembukaan kuil baru yang telah ia bangun.Sumo juga digunakan sebagai teknik latihan militer peperangan pada masa kamakura.  Selama Sengoku jidai (usia negara-negara berperang) beberapa rikishi (sebutan atlit sumo) dan damyo mendirikan aula pelatihan khusus untuk melatih rikishi muda. Selain itu diadakan pertandingan antara rikishi yang didukung oleh panglima perang yang bersaing. Olahraga sumo juga mempunyai daya tarik tersendiri, hal ini dikarenakan dalam pertandingan sumo memiliki ritual-ritual yang unik bahkan ritual-ritual ini berjalan lebih lama daripada pertandingan sumo itu sendiri. Ritual-ritual ini tidak terlepas dari pengaruh agama  Shinto yang cukup lekat dalam masyarakat Jepang. Shinto  pada mulanya adalah kepercayaan yang muncul dengan sendirinya di kalangan masyarakat Jepang dapat dikatakan merupakan kepercayaan rakyat.

Apa itu dohyo?
Dohyo adalah tempat bertandingnya rikishi yang dibuat dari campuran tanah liat yang dikeraskan dengan pasir yang disebarkan di atasnya. Dohyo memiliki panjang sisi 5,7 meter, tinggi 0,66 meter dan diameter lingkaran pertandingannya 4,55 meter  dengan  dikelilingi tawara. Tawara adalah karung beras yang mengelilingi dohyo dan memiliki ukuran sepertiga lebih kecil dari ukuran karung standart. Atap dohyo memiliki berat kira-kira 6 ton yang disebut tsuriyane. Tsuriyane memiliki bentuk menyerupai atap kuil agama shinto.
Ditengah-tengah lingkaran dohyo terdapat dua garis putih yang disebut shikiri-sen.sebelum pertandingan dimulai, rikishi harus berada tepat dibelakang garis shikiri-sen.
Penutup tubuh rikishi dibagian bawah disebut mawashi. Mawashi memiliki panjang 10 yard dan lebar 2 kaki yang melilit pingggang rikishi 4 sampai 7 putaran yang dibuat dari bahan sutra.
Peringkat
Rikishi profesional berjumlah 700 orang yang peringkatnya disusun menyerupai piramid. Rikishi yang peringkatnya paling rendah ada di dasar piramid sedangkan rikishi yang yang peringkatnya paling tinggi ada di puncak piramid. Pada dasarnya ada 6 peringkat dalam sumo, yaitu :
  1. makunouchi (42 rikishi)
  2. juryo (28 rikishi)
  3. makushita (120 rikishi)
  4.  sandanme (200 rikishi)
  5. jonidan (230 rikishi)
  6. jonokuchi (80 rikishi)
Makunouchi terbagi lagi atas 5 tingkatan dari yang terendah :
  1. maegashira
  2. komusubi
  3. sekiwake
  4. ozeki



    Related Posts by Categories



    Widget by Hoctro | Jack Book

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar