Kamis, 11 November 2010

Asal Mula Sepeda

Di era yang modern ini sangat jarang sekali masyarakat kita memanfaatkan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari. Tidak jarang masyarakat lebih milih transportasi bermotor ketimbang sepeda, padahal dilihat dari segi kesehatan bersepeda merupakan salah satu cara yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Dari hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.
Tapi apakah anda tahu sejak kapan sepeda ditemukan?
Dan siapakah penemu pertema sepeda?

Asal muasal sepeda diperkirakan dari negeri prancis. Sejak awal abad ke-18 masyarakat prancis sudah mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Pada zaman itu konstruksi sepeda belum mengenal besi dan modelnya pun masih sangat primitif. Ada sebagian orang mengatakan konstruksinya tanpa engkol, pedal, dan tongkat kemudi tapi ada juga yang mengatakan sebaliknya.
Pada tahun 1818 seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua yang dijuluki dandy horse. Dandy horse ini digunakannya untuk menunjang efisiensi kerjanya sebagai kepala pengawas hutan Baden. Bentuknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda.
 gambar dandy horse:
Pada tahun 1839 seorang skotlandia yang bernama Kirkpatrick MacMillan ini membuat mesin khusus untuk sepeda. Mesin ini bukan seperti yang dimiliki sepeda motor melainkan lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan naik-turun kaki mengayuh pedal dan engkol tadi dihubungkan dengan tongkat kemudi.
Pada tahun 1855, Ernest Michaux seorang penemu dari prancis membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Prancis lainnya. Di tahun 1865 Pierre Lallement memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya atau sering orang menyebut pelek/ velg dan dia juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
Setelah ditemukan teknologi pembuatan baja berlubang dan teknik penyambungan besi semakin bagus serta diikuti  penemuan karet sebagai bahan baku ban. Kemajuan sepeda sangat pesat. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang sehingga orang-orang menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang).
di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman dinaiki buat orang-orang yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer.
Pada tahun 1885 James Starley mendirikan pabrik sepeda pertama di conventry, inggris.
Pabrik ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang. Dan setelah itu menyusul penemuan lainnya seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar